Tugas 1 (11 Februari 2013)

1. Pengertian Operating System (OS) dan Processor


Dalam Ilmu komputer, Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi.
Biasanya, istilah Sistem Operasi sering ditujukan kepada semua software yang masuk dalam satu paket dengan sistem komputer sebelum aplikasi-aplikasi software terinstall. Dalam Ilmu komputer, Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi. Biasanya, istilah Sistem Operasi sering ditujukan kepada semua software yang masuk
Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Lebih jauh daripada itu, Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur skedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.
Dalam banyak kasus, Sistem Operasi menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar, dimana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu, sehingga dalam setiap pembuatan program baru, tidak perlu membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal.
Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
1. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
2. Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
3. Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
4. Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
5. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.
Sebagian Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu, tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem Operasi seperti itu disebut sebagai Multi-tasking Operating System. Beberapa Sistem Operasi berukuran sangat besar dan kompleks, serta inputnya tergantung kepada input pengguna, sedangkan Sistem Operasi lainnya sangat kecil dan dibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi manusia sama sekali. Tipe yang pertama sering disebut sebagai Desktop OS, sedangkan tipe kedua adalah Real-Time OS
Prosesor mengeksekusi program-program komputer. Prosesor adalah sebuah chip dalam sistem komputer yang menjalankan instruksi-instruksi program komputer. Dalam setiap detiknya prosesor dapat menjalankan jutaan instruksi.
Program adalah sederetan instruksi yang diberikan kepada suatu komputer. Sedangkan proses adalah suatu bagian dari program yang berada pada status tertentu dalam rangkaian eksekusinya. Di dalam bahasan Sistem Operasi, kita lebih sering membahas proses dibandingkan dengan program. Pada Sistem Operasi modern, pada satu saat tidak seluruh program dimuat dalam memori, tetapi hanya satu bagian saja dari program tersebut. Sedangkan bagian lain dari program tersebut tetap beristirahat di media penyimpan disk. Hanya pada saat dibutuhkan saja, bagian dari program tersebut dimuat di memory dan dieksekusi oleh prosesor. Hal ini sangat menghemat pemakaian memori.
Beberapa sistem hanya menjalankan satu proses tunggal dalam satu waktu, sedangkan yang lainnya menjalankan multi-proses dalam satu waktu. Padahal sebagian besar sistem komputer hanya memiliki satu prosesor, dan sebuah prosesor hanya dapat menjalankan satu instruksi dalam satu waktu. Maka bagaimana sebuah sistem prosesor tunggal dapat menjalankan multi-proses? Sesungguhnya pada granularity yang sangat kecil, prosesor hanya menjalankan satu proses dalam satu waktu, kemudian secara cepat ia berpindah menjalankan proses lainnya, dan seterusnya. Sehingga bagi penglihatan dan perasaan pengguna manusia, seakan-akan prosesor menjalankan beberapa proses secara bersamaan.
Setiap proses dalam sebuah sistem operasi mendapatkan sebuah PCB (Process Control Block) yang memuat informasi tentang proses tersebut, yaitu: sebuah tanda pengenal proses (Process ID) yang unik dan menjadi nomor identitas, status proses, prioritas eksekusi proses dan informasi lokasi proses dalam memori. Prioritas proses merupakan suatu nilai atau besaran yang menunjukkan seberapa sering proses harus dijalankan oleh prosesor. Proses yang memiliki prioritas lebih tinggi, akan dijalankan lebih sering atau dieksekusi lebih dulu dibandingkan dengan proses yang berprioritas lebih rendah. Suatu sistem operasi dapat saja menentukan semua proses dengan prioritas yang sama, sehingga setiap proses memiliki kesempatan yang sama. Suatu sistem operasi dapat juga merubah nilai prioritas proses tertentu, agar proses tersebut akan dapat memiliki kesempatan lebih besar pada eksekusi berikutnya (misalnya: pada proses yang sudah sangat terlalu lama menunggu eksekusi, sistem operasi menaikkan nilai prioritasnya).


2. Belajar Bahasa Pemrograman Javascript


Tutorial belajar Bahasa Pemrograman Javascript ,Dasar Javascript

A.Sekilas tentang JavaScript
Javascript adalah bahasa skrip yang ditempelkan pada kode HTML dan diproses di sisi klien.
Dengan adanya bahasa ini, kemampuan dokumen HTML menjadi semakin luas. Sebagai
contoh, dengan menggunakan JavaScript dimungkinkan untuk memvalidasi masukanmasukan
pada formulir sebelum formulir dikirimkan ke server.
Javascript bukanlah bahasa Java dan merupakan dua bahasa yang berbeda. Javascript
diinterpretasikan oleh klien (kodenya bisa dilihat pada sisi klien), sedangkan kode Java
dikompilasi oleh pemrogram dan hasil kompilasinyalah yang dijalankan oleh klien.

B. Struktur JavaScript
Struktur dari JavaScript adalah sbb :
<SCRIPT LANGUAGE = ”JavaScript”>
<!- -
Penulisan kode javascript
// - - >
</SCRIPT>
Keterangan :
Kode <!- - // - - > umumnya disertakan dengan tujuan agar sekiranya browser tidak
mengenali JavaScript maka browser akan memperlakukannya sebagai komentar sehingga
tidak ditampilkan pada jendela browser.

C. JavaScript sebagai bahasa berorientasi pada obyek
Properti
Properti adalah atribut dari sebuah objek. Contoh, objek mobil punya properti warna mobil.
Penulisan :
Nama_objek.nama_properti = nilai
window.defaultStatus = ”Mari Belajar java script”;
Metode
Metode adalah suatu kumpulan kode yang digunakan untuk melakukan sesuatu tindakan
terhadap objek.
Penulisan :
Nama_objek.nama_metode(parameter)
document.write (”Hallo”)

D. Letak JavaScript dalam HTML
Skrip Javascript dalam dokumen HTML dapat diletakkan pada :
1. Bagian Head
2. Bagian Body (jarang digunakan)

3. Belajar Databaase


Dalam pembuatan database, terdapat beberapa hal yang perlu diketahui sebelumnya, diantaranya adalah istilah primary key, foreign key, ER Diagram, Normalisasi, DDL, DML dan masih banyak lagi yang lainnya. Langsung saja kita bahas apa yang dimaksdu dengan yang telah disebtkan diatas.
1. Primary Key
Primary Key merupakan kunci dari suatu table, sehingga haruslah bersifat unik seperti hal nya kunci pada umumnya. Primary Key dapat dianalogikan sebagai kunci pada dunia nyata. Pada dunia nyata, setiap pintu hanya mempunyai 1 kunci saja. Tidak mungkin ada satu pintu mempunyai kunci yang berbeda beda. Begitu juga dengan Primary Key, pada setiap tabel hanya diperbolehkan memiliki satu Primary Key saja, atau biasa disebut dengan PK. Misal terdapat tabel Mahasiswa sebagai berikut:
NIM Nama Tgl_Lahir
20111 Ilmu Web 2011-05-05
20112 Dot Net 2011-05-05
20113 Admin 2011-05-07
Tabel 1
Pada tabel diatas, dapat ditentukan bahwa Primary Key adalah ID karena tidak mungkin ada ID yang sama.
2. Foreign Key
Foreign Key digunakan sebagai hubungan antara primary atau unique key lain. Biasanya Foreign Key pada suatu table merupakan Primary Key pada tabel yang lain.
3. Entity Relationship Diagram (ER Diagram)
ER Diagram merupakan salah satu cara untuk memodelkan database. Pada ER diagram terdapat beberapa istilah yaitu Entitas yang merepresentasikan objek di dunia nyata. Dalam hal ini entitas mencerminkan sebuah tabel, dimana pada tabel tersebut terdapat beberapa kolom yang pada ER Diagram disebut dengan atrbut. Misalkan, jika dimodelkan dengan menggunakan ER Diagram table Mahasiswa diatas menjadi sebuah Entitas yang mempunyai 3 atribut, yaitu NIM, Nama, dan Tgl_Lahir dengan Prymary Key terdapat pada NIM.
3. Normalisasi
Normalisasi merupakan dekomposisi dari suatu tabel yang buruk menjadi tabel yang lebih kecil dan lebih baik dengan cara pemisahan atribut-atributnya. Adapun tujuan dari Normalisasi adalah Menghindari redudansi data, menjamin hubungan antar atribut, menjaga kerusakan/kesalahan database.  Suatu table dalam database dapat dikatakan baik jika telah memenuhu bentuk Normal Ketiga. Adapun bentuk Normal Kesatu, kedua dan ketiga adalah sebagai berikut:
a. Firts Normal Form (Normal Pertama)
Sebuah tabel dikatakan telah memenuhi bentuk normal pertama jika pada tabel tersebut tidak terdapat atribut yang multivalues. Berikut ini adalah contoh tabel yang tidak memenuhi bentuk normal pertama:
NIM TELP
20111 085611111, 0812000, 022787
20112 0817898
20113
Tabel 2
Tabel 2, merupakan contoh tabel yang tidak memenuhi bentuk normal pertama karena terdapat atribut yang multivalues, yaitu atribut TELP. Supaya memenuhi bentuk normal pertama, harus dilakukan dekomposisi pada tabel tersebut sehingga menjadi seperti tabel 3. dibawah ini dimana tidak terdapat multivalues:
NIM TELP
20111 085611111
20111 0812000
20111 022787
20112 0817898
Tabel 3.
b. Second Normal Form (Normal Kedua)
Sebuah tabel dikatakan memenuhi bentuk normal kedua jika telah memenuhi bentuk normal pertama dan semua atribut yang bukan primary key tergantung kepada atribut Primary Key.
Your ads will be inserted here by
Easy AdSense.
Please go to the plugin admin page to paste your ad code.
c. Third Normal Form (Normal Ketiga)
Sebuah tabel dikatakan memenuhi bentuk normal ketiga jika telah memenuhi bentuk normal kedua dan tidak ada atribut yang tergantung bukan kepada Primary Key nya. Dengan kata lain, semua atribut yang mempunyai ketergantungan (functional dependency) harus pada atribut Primary Key.
Dengan memenuhi bentuk normal ketiga, sebuah tabel sudah bisa dikatakan tabel yang baik.
4. Data Definition Language (DDL)
DDL merupakan bagian dari perintah SQL untuk membuat, memodifikasi, atau menghapus struktur basis data, misalnya adalah tabel. Berikut adalah contoh dari DDL:
a. Untuk membuat sebuah tabel:
CREATE TABLE  artikel_cara2 (

id_artikel int(5) NOT NULL auto_increment,

judul_artikel varchar(50) NOT NULL,

isi_artikel text NOT NULL,

kategori_artikel varchar(50) NOT NULL,

tgl date NOT NULL,

PRIMARY KEY  (id_artikel)

);


b. Untuk menghapus sebuah tabel:
DROP TABLE artikel_cara2


Masih banyak lagi DDL yang bisa digunakan, misalnya adalah ALTER yang digunakan untuk mengubah struktur data.
5. Data Manipulation Language (DML)
DML merupakan bahasa yang memungkinkan pengguna untuk mengakses, dan  mengubah data yang sesuai. Selain itu, DML juga merupakan konsep yang menerangkan bagaimana menambah, mengubah, dan menghapus baris tabel. Berikut adalah contoh dari DML:
a. Menambahkan baris baru ke Tabel Mahasiswa:
INSERT INTO mahasiswa (NIM,Nama,Tgl_Lahir) values('20114','Rio','1995-08-01');


b. Mengubah/Update nilai pada baris Tabel Mahasiswa:
UPDATE mahasiswa SET Nama='Ria', Tgl_lahir='1995-09-01'  WHERE NIM='20114';


c. Mengapus nilai pada baris Tabel Mahasiswa:
DELETE FROM mahasiswa WHERE NIM='20114'; 
 
 

4. Penjelasan Report Text 

 

Penjelasan Report Text  - Sebelumnya apakah anda pernah mendengar apa iu Report Text? Report Text merupakan salah satu jenis teks bahasa Inggris yang tergolong ke dalam golongan Description (Lihat artikel Types of Text) yang fungsinya hampir sama dengan Descriptive Text.

Jika anda berfikir bahwa teks bahasa Inggris yang fungsinya mendeskripsikan sesuatu adalah hanya Descriptve Text, anda salah besar. Ada satu jenis teks bahasa Inggris yang bertujuan mendeskripsikan sesuatu, yaitu Report Text. Tapi sebelum membahas terlalu jauh perbedaan antara Descriptive Text dengan Report Text, mari kita lihat pengertian dari Report Text berikut ini.

A. Pengertian Report Text

Report Text adalah salah satu dari ke-13 jenis teks bahasa Inggris (Types of Text) yang menghadirkan informasi tentang sesuatu seperti alam, hewan, tumbuhan, hasil karya manusia, dan fenomena sosial dengan apa adanya. Informasi yang dihadirkan dalam Report Text adalah hasil dari observasi dan analisis secara sistematis.

B. Tujuan Komunikatif Report Text

Tujuan komunikatif dari Report Text adalah menyampaikan informasi tentang sesuatu, apa adanya, sebagai hasil pengamatan sistematis atau analisis. Yang di deskripsikan dapat meliputi gejala alami, lingkungan, benda buatan manusia, atau gejala-gejala sosial. Deskripsi sebuah Report Text dapat berupa kesimpulan umum, misalnya, ikan paus termasuk binatang mamalia karena ikan tersebut melahirkan anaknya.

C. Struktur Teks/Generic structure Report Text

Dalam Report Text, terdapat struktur teks yang terdiri dari dua bagian, yaitu:

1. General Clasification
Pada bagian general clasification (klasifikasi umum) berisi pengenalan fenomena/ benda yang akan dibicarakan dengan menyertakan pernyataan umum yang menerangkan subjek laporan, keterangan, dan klasifikasi-nya.

2. Description
Pada bagian Description (gambaran) terdiri dari gambaran dari fenomena/ benda yang didiskusikan dari bagian ke bagiannya, kebiasaan atau tingkah laku untuk benda hidup, ataupun kegunaannya untuk benda secara detail.

D. Ciri Kebahasaan Report Text

Dalam sebuah Report Text terdapat beberapa ciri-ciri kebahasaan (language features) seperti berikut ini:
  • Menggunakan general nouns, seperti ‘Reptiles in Comodo Insland’, dsb. 
  • Menggunakan relating verbs untuk menjelaskan ciri, misalnya reptiles are scaly animals (ciri ini berlaku untuk semua reptilia), dsb. 
  • Menggunakan action verbs dalam mejelaskan perilaku, misalnya lizards cannot fly, dsb. 
  • Menggunakan present tense untuk menyatakan suatu yang umum, misalnya Komodo dragons usually weight more than 160 kg, dsb. 
  • Mengguanakan istilah teknis/ ilmiah, misalnya water contains oxygen and hydrogen, dsb.

E. Perbedaan antara Descriptive Text dan Report Text
Beberapa jenis teks bahasa Inggris (Types of Text) cukup sulit untuk di bedakan. Sepertihalnya Descriptive Text dan Report Text yang mempunyai kesamaan dalam hal tujuan komunikatif (Social Function) dan sturktur kalimatnya (Generic Structure). Tetapi jika kita menganalisisnya dengan cermat, perbedaan antara ke-duanya akan nampak.
Tujuan dari kedua teks tersebut adalah untuk memberikan deskripsi langsung mengenai objek. Antara Descriptive Text dan Report Text lebih mencoba untuk menunjukan dari pada memberitahu pembaca tentang kondisi fakta dari objek tersebut. Pembaca dengan sendirinya akan menangkap point yang mengesankan dari objek tersebut melalui penunjukan gaya penulisan. Yang membuat berbeda antara Descriptive Text dan Report Text adalah pada cakupan penulisan objek. Jika kita berbicara tentang misalkan sepeda yang di tulis dalam bentuk Report Text, teks tersebut akan berbicara mengenai sepeda secara umum; bagian-bagiannya, kekuatannya, dan fungsinya secara umum selayaknya sepeda. Sedangkan jika sepeda dideskripsikan dengan Descriptive Text, maka sepeda tersebut merujuk ke jenis speda tertentu misalnya sepeda gunung, sepeda balap dan yang lainnya, yang tentunya dengan ciri-ciri sertifikasi-nya; warna, jenis roda, warna, dll.
Singkatnya, Report Text mendeskripsikan sesuatu yang biasanya merujuk kepada gejala-gejala alam, hewan, dan benda ilmiah. Report Text ditulis setelah mendapatkan obeservasi secara cermat. Hal ilmiah dan teknikal inilah yang membuat perbedaan yang jelas dari Descriptive Text.

 
 

6. Cara Install Apache dan MySQL dalam paket XAMPP

Apache adalah merupakan sebuah program yang berfungsi sebagai server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi (OS). Apache ini harus di install di komputer lokal agar kita bisa memiliki web server lokal sebelum web blog yang kita buat di upload atau disimpan di web server online. Dengan kata lain apache menjadikan komputer kita adalah webserver lokal yang mampu menerima respon dari permintaan melalui url web browser dan mengirimkan informasi tersebut kepada permintaan tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan cari pengertian apache yg lebih tepat melalui search engine.
Berikut cara install apache server, mySQL dalam paket XAMPP.

Untuk melakukan installasi XAMPP tentu kita harus memiliki programnya, kalau belum punya silahkan download di XAMPP di apachefriends.org, versi xampp yg saya gunakan saat artikel ini ditulis adalah xampp-win32-1.7.3.EXE.


Setelah download silahkan ikuti cara installasi xampp berikut ini :


1. Double Klik/Jalankan file xampp-win32-1.7.3.EXE
2. Ketikan nama drive yang akan diinstall xampp pada Destination Folder, misalnya C:\
3. Klik Install
4. Tunggu proses installasi hingga selesai dan melakukan setting melalui command prompt
5. Jawab Y untuk pertanyaan Should I add shortcuts to the startmenu/desktop? (y/n): kemudian tekan ENTER
6. Jawab Y pada pertanyaan Should I Locate the XAMPP path correctly? Should I proceed? (y/n=exit setup):, dan tekan ENTER
7. Jawab N pada pertanyaan Should I make a portable XAMPP without drive letters? Your Choice? (y/n):, dan tekan ENTER
8. Tunggu proses yang terjadi di jendela command prompt hingga muncul pesan XAMPP is ready to use kemudian tekan ENTER
9. Sekali lagi tekan ENTER
10. Jawab 1 kemudian tekan ENTER untuk mengaktifkan XAMPP pada windows
11. Tutup jendela command prompt.

Sekarang proses installasi XAMPP server sudah selesai dan sudah siap untuk digunakan sebagai server local untuk membuat web blog.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Tugas 1 (11 Februari 2013) ini dipublish oleh Unknown pada hari Minggu, 10 Februari 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Tugas 1 (11 Februari 2013)
 

0 komentar:

Posting Komentar