Pengertian Jenis dan Variabel data Pemrogaman

Jenis-Jenis Tipe Data Java


1. Apakah Variable itu?
Program melakukan manipulasi data yang disimpan dalam memori. Dalam bahasa mesin, data hanya bisa diambil dengan menyebut alamatnya di memori. Dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Java, nama bisa digunakan untuk mengganti alamat data tersebut di memori. Tugas komputer adalah untuk melacak di mana data tersebut di simpan, sedangkan programmer menggunakan nama untuk memerintahkan komputer mengambil data tersebut dari memori. Nama yang digunakan seperti ini disebut variable.
Variable bukan isi dari data, tapi lokasi di memori yang menyimpan data tersebut. Variable bisa diibaratkan sebagai kotak penyimpanan data, bukan isi kotaknya. Karena data di dalam kotak bisa berubah, variable hanya dapat dipercaya pada satu saat saja, walaupun tempatnya selalu sama.
Variable dalam bahasa Java didesign untuk menyimpan hanya 1 jenis tipe data. Kompiler akan menampilkan kesalahan sintax apabila variable ini dicoba untuk diberi tipe data jenis lain. Oleh karena itu Java disebut bahasa pemrograman bertipe kuat atau strongly typed language.
  1. Tipe Data
Java memiliki tipe data yang dapat dikategorikan menjadi dua kelompok, yaitu tipe data Primitif dan tipe data Referensi.
2.1. Tipe Data Primitif
Ada 8 jenis tipe data primitif dalam pemrograman Java :
Jenis DataDeskripsiUkuranMinimumMaksimum
booleantrue / false1-bit

charKarakter Unicode16-bit

byteBilangan bulat8-bit-127128
shortBilangan bulat16-bit-3276832767
intBilangan bulat32-bit-21474836482147483647
longBilangan bulat64-bit-92233720368547758089223372036854775807
floatBilangan riil32-bit1.40129846432481707e-453.40282346638528860e+38
doubleBilangan riil64-bit4.94065645841246544e-3241.79769313486231570e+308
2.2. Tipe Data Referensi
Kelebihan pemrograman berorientasi object adalah dapat mendefinisikan tipe data baru yang merupakan object dari class tertentu. Tipe data ini digunakan untuk mereferensikan object atau class tertentu, seperti String, class, interface, dan array. Di Java 5.0, ditambahkan dua tipe referensi baru, yaitu enumerasi dan anotasi.
Tidak seperti tipe primitif yang nilai default-nya variatif, semua tipe referensi nilai default-nya adalah null. Khusus untuk variable lokal, tidak ada nilai default yang diberikan, sehingga harus di inisialisasi.
Perbedaan mendasar antara tipe primitif dan referensi :
  • Tipe-tipe primitif didefinisikan oleh bahasa Java, sedangkan tipe referensi pada dasarnya adalah tipe user-defined.
  • Tipe primitif merepresentasikan nilai tunggal, sedangkan tipe referensi dapat menampung nol atau lebih nilai primitif atau object.
  1. Deklarasi Variable
Suatu variable baru dapat digunakan apabila telah dideklarasikan. Pernyataan deklarasi variable digunakan untuk mendeklarasikan satu atau lebih variable dan memberinya nama. Ketika komputer mengeksekusi deklarasi variable, komputer akan menyediakan ruangan di memori kemudian menyimpan alamat ini sesuai dengan nama variable yang diberikan. Definisi variable berbentuk seperti :
modifiers namatipe namavariable;
Dalam pendeklarasian variable, kita dapat medeklarasikan beberapa nama sekaligus, yang dipisah dengan koma.
private float num;
private String nama;
private boolean bol;
private int cadence,gear; //mendeklarasikan nama variable dalam satu pernyataan
Atau pendeklarasian variable bisa juga dilakukan sekaligus dengan pemberian nilainya, seperti pada contoh berikut :
private int num = 1000;
private char ch = ‘e’;
private float angka = -1.504;
private boolean bol = true;
  1. Jenis – jenis Variable pada Java.
Java memiliki beberapa jenis variable yang dapat dikelompokkan sebagai berikut :
  • Instance Variable (tidak statis).
Dalam bahasa pemrograman berorientasi object, object menyimpan variable yang tidak dideklarasikan dengan kata kunci static dalam kategori non-statis, atau dapat berubah-ubah. Suatu class dapat dijelmakan ke dalam beberapa object. Nilai yang terkandung dalam variable tak-statis ini berbeda untuk setiap objectnya.
Instance variable merupakan variabel yang terletak di dalam pendefinisian suatu class. Instance variable baru terbentuk apabila suatu class dibuat instance-nya.
Contoh dari Instance Variable :
[php]
public class Bicycle {
int cadence;
int speed;
int gear;

}
[/php]
 

Variabel Data

 

Salah satu komponen utama program adalah variabel. Variabel adalah objek di mana informasi dinamis disimpan. Ketika Anda menuliskan nama Anda saat hendak membuat account baru atau proses login ke website, nama yang Anda masukkan akan disimpan dalam variabel sebelum diproses lebih lanjut.
Tidak semua variabel memiliki karakteristik yang sama. Informasi yang dapat disimpan oleh variabel ditentukan berdasarkan jenis atau tipe data variabel terebut. Terdapat berbagai jenis tipe data dalam setiap bahasa pemrograman. Namun, kali ini kita akan melihat beberapa jenis tipe data yang umumnya ada pada hampir seluruh bahasa pemrograman. Tipe-tipe data tersebut antara lain sebagai berikut :
Tipe data Karakter (character/char)
Jenis tipe data ini hanya memungkinkan sebuah variabel menyimpan informasi sebuah single karakter, seperti huruf "P",, "c", "7", atau "@".
Tipe data String
Tipe data string ini memungkinkan variabel menyimpan informasi untaian karakter, seperti kata atau kalimat. Dalam contoh sebelumnya, nama yang Anda gunakan pada web form, informasi tersebut akan disimpan dalam variabel bertipe data string.
Tipe data Integer (int)
Jenis tipe data integer digunakan jika ingin menyimpan informasi angka (bilangan bulat) dalam variabel, tetapi bukan bilangan pecahan. Hal ini berarti nilai "7" akan menjadi nilai integer yang valid.
Tipe data Floating Point Number (float)
Jika Anda bermaksud menyimpan informasi angka dengan format pecahan atau angka desimal, floating point adalah jenis tipe data yang sesuai. Angka "65,00" secara teknis merupakan nilai bertipe floating point meskipun nilai tersebut juga dapat direpresentasikan sebagai nilai "65". Jenis tipe data ini membutuhkan ukuran memory yang lebih besar dibandingkan jenis tipe data angka integer.
Tipe data Boolean (bool)
Jenis tipe data ini biasanya digunakan hanya untuk merepresentasikan dua kondisi, yakni nilai TRUE dan FALSE atau daatberarti bernilai 1 dan 0 atau kondisi ON dan OFF. Jenis tipe data ini merupakan jenis yang paling sederhana, teapi cukup sering digunakan dalam setiap pemrograman.
Tipe data Array
Jenis tipe data aray sering disebut juga sebagai tipe data larik. Tipe data ini pada dasarnya merupakan kumpulan sejumlah variabel bertipe data sama dengan ukuran tertentu, yang tersusun secara runtun. Ada beragam variasi dari tipe data array, bergantung pada bahasa pemrograman yang digunakan. Sebagai contoh, nilai "1", "2", "3", "4", dan "5" dapat Anda simpan ke dalam variabel bertipe data array dengan ukuran aray "5" (5 buah nilai, mulai dari 1 sampai dengan 5) yang memiliki kumpulan nilai bertipe integer atau secar sederhana dapat dikatakan array of integer values.
Setiap variabel yang terdapat dalam array dapat diakses dengan menggunakan komponen indeks dari tiap-tiap variabel trseut. Namun, perlu Anda ketahui bahwa variabel pertama yang ada dalam array bukan memiliki indeks 1, melainkan indeks 0. Menyimpan nilai-nilai tersebut ke dalam variabel bertipe data array akan memudahkan kit untuk melakukan manipulasi terhadap setiap data yang ada dalam array tersebut. perlu diketahui bahwa jenis tipe data string sebenarnya merupakan kumpulan variabel bertipe karakter atau bisa dikatakan array of characters.

 

 
 

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Pengertian Jenis dan Variabel data Pemrogaman ini dipublish oleh Unknown pada hari Selasa, 12 Februari 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Pengertian Jenis dan Variabel data Pemrogaman
 

0 komentar:

Posting Komentar